Minggu, 17 November 2013

Spesifikasi Pada Komputer

    Komputer adalah barang yang hampir setiap orang punya. Baik itu untuk pekerjaan, hiburan, atau lain sebagainya. Kebutuhan akan barang yang bernama komputer ini semakin lama meningkat tiap tahun. Terutama di sektor Komputer jinjing, atau istilah lainnya laptopdan Notebook. laptop,netbook dan Desktop komputer mempunyai kelebihannya masing-masing. Penulis pernah menjelaskan kelebihan dan kekurangannya pada tulisan sebelumnya mulai dari segi harga dan mobilitasnya. Tiap komputer mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    Pada tulisan kali ini saya ingin membagikan bagaimana memilih komputer yang baik untuk kebutuhan anda. Bagi sebagian orang awam mereka pasti akan membeli sebuah komputer/lapto pdengan harga yang murah. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal itu. Yang jadi permasalahannya adalah, apakah spesifikasi komputer itu sudah sesuai dengan kebutuhan anda apa belom. berhati-hatilah ketika membeli sebuah komputer.

   Terkadang kita membeli komputer bukan melihat spesifikasi komputer tersebut, melainkan siapa yang menjual komputer/laptoptersebut. Atau nama lainnya Sales perempuan yang cantik yang mungkin bisa mengalihkan dunia anda. Terkadang, ketika Sales cantik itu bilang bahwa laptop.komputer yang mereka jual itu bagus, kita langsung iya-iya saja tanpa memperhatikan spesifikasi laptop/komputer yang dimaksudkan oleh si Sales perempuan tesebut. Seolah-olah kita disihir oleh kecantikan dan “rayuan-rayuan” maut dari sales itu. Tanpa berpikir panjang, anda langsung membeli produk yang dijajakan oleh Sales perempuan tersebut. Beberapa bulan kemudian, Laptop yang kita beli tersebut rusak atau apalah namanya sehingga tidak bisa dipakai kembali. Kemudian anda mencoba untuk mengklaim garansi hardware tersebut. Setelah diklaim , ternyata masih banyak prosedur-prosedur yang harus dilakukan terlebih dahulu. Jadi kesimpulannya “rayuan-rayuan” maut sales perempuan itu, tidak berbanding lurus dengan apa yang mereka katakan pada customer.

    Pada tulisan kali ini, penulis mencoba berbagai pengetahuan tentang dasar-dasar spesifikasi pada sebuah komputer. Dengan harapan saya sebagai penulis, supaya tidak ada lagi orang-orang yang mau kemakan oleh “rayuan-rayuan” maut sales ketika membeli komputer.
58797_4675744567943_524501300_n

Step 1

Langkah pertama sebelum membeli komputer kita harus tahu spesifikasi komputer apa yang anda butuhkan. apakah sebagai server, gaming, design, atau multimedia. sebagai contoh, penulis berasumsi kita akan membeli sebuah komputer untuk gaming. Setelah kita menentukan kita ingin membeli sebuah komputer gaming,kita tentukan dulu budget untuk membeli komputer dengan spesifikasi gaming. Biasanya, komputer untuk gaming memerlukan budget yang tidak sedikit. paling tidak kita harus menyediakan budget sekitar 10 juta atau bahkan bisa lebih. lebih direkomendai lagi kalau budget kita itu Unlimited atau tidak terbatas. Sudah jelas hardware yang mahal sekalipun sanggup kita beli ;).

Step 2

Setelah fungsi komputer sudah kita tentukan (untuk Gaming) dan budgetnya sudah ada, saatnya kita berangkat ke Mangga dua atau toko komputer yang berada disekitar rumah kita. Untuk urusan gaming, tentu saja kita harus memilih Video Graphic Card (VGA) yang berkualitas. berkualitas bukan berati kita harus membeli VGA yang harganya mahal. Tapi jika punya budget lebih ya tidak apa-apa membeli VGA yang harganya mahal sekalipun. itu semua tergantung budget anda ketika membeli sebuah  komputer. Ketika kita membeli sebuah VGA, kita jangan terpaku pada Memeory yang besar. 512,1, atau  2 GB of memory bukan jaminan bahwa itu VGA yang bagus. banyak sekali faktor-faktor yang membuat VGA itu bagus atau tidak. Untuk mengetahui VGA itu bagus bukan dari Memory tetapi Speed Core Clock VGA tersebut. Misalkan anda berniat membeli sebuah VGA GTX 660 1 GB 192 Bit. Angka “1 GB” bukan sebuah tolak ukur bahwa itu VGA yang kencang. untuk mengetahuinya, kita harus masuk ke situs penjual VGA GTX 660 tersebut dan lihat spesifikasi lengakp VGA tersebut. setiap vendor memiliki Core Clock Peed yang berbeda. Misal ASUS GTX 660 mempunyai speed 900 Mhz, Gigabyte 925 Mhz, Zotac 915 Mhz dan seterusnya.
Saran dari penulis, lebih baik survey terlebih dahulu VGA yang beredar di pasaran. Setelah itu liat ke situs resmi mereka masing-maing. catat speed core clocknya dan merknya. pilih yang speed core clocknya paling cepat. itulah VGA yang kencang. dan jika punya budget lebih, beli VGA gaming lebih dari satu. Istilah kita menggunakan SLI Mode(NVIDIA) atau Crossfire( ATI Radeon). yaitu menggunakan VGA yang identik lebih dari satu. bisa 2, 3 atau bahkan 4 VGA sekaligus. Mengenai hal SLI, kembali kepada budget anda masing-masing.

Setelah sektor VGA kita sudah dapat, saatnya kita beralih ke Motherboard. Motherboard yang bagus tentu saja yang harganya mahal, tapi terkadang ada juga motherboard yang harganya tidak terlalu mahal tetapi bisa menyaingi motherboard yang harganya mahal. Seperti yang telah penulis sebutkan diatas, bagai para calon pembeli komputer gaming, carilah motherboard yang sesuai dengan budget anda. Atau carilah di forum-forum yang membahas tentang hardware yang sudah mengukur motherboard itu dengan cara benchmarking.

Saran dari penulis, lebih baik survey terlebih dahulu mainboard yang dijual di pasaran. pelajari fitur-fitur yang mereka tawarkan, spesifikasi mainboard itu sendiri, kelebihan dan kekurangn mainboard itu sendiri. Penlis hanya ingin menyarankan lebih baik membeli mainboard yang ditujukan untuk gaming seperti ASUS ROG. Sepintas jika dilihat, Spesifikasi komputer ASUS yang ada logo ROG memang diperuntukkan untuk para gamer. jangan lupa sesuaikan dengan budget anda.

VGA dan Motherboard sudah ditentukan, saatnya kita memikirkan Processor yang cocok untuk mainboard dan kebutuhan spesifikasi gaming. Dipasaran kita hanya mengenal 2 produsen Processor yaitu Intel dan AMD.kedua produsen ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk Procssor penuis lebih prefer ke merk Intel daripada AMD. Tanpa mengurangi Value dari AMD, Intel (menurut penulis) lebih stabil. kalo yang ini tidak usah terlalu dihiraukan karena hanya sekedar pendapat. Pilihan tetap tergantung pada anda yang ingin membeli. saran penulis tentang processor cari processor yang memiliki L2 Cache yang besar.

VGA,Processor,Motherboard sudah kita dapatkan. Sekarang kita mencari media penyimpanan data atau Hardisk Drive (HDD). Sejak tahun lalu, harga HDD sangat mahal. isunya dikarenakan thailand yang banjir. entah itu benar apa tidak,tetapi para penjual selalu berargumen seperti itu ketika kita menayakan mengapa hardisk harganya sangat mahal. Untuk membeli hardisk pilih saja yang sesuai kebutuhan. Di pasaran banyak sekali merk Hardisk dan kapasitas yang mereka tawarkan. mulai 500 GB, 700 GB, 1000 GB dan bahkan sudah ada yang mencapai 3000 GB atau 3TB.

Saran dari penulis, untuk media penyimpanan hardisk piloh saja yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Tapi kalo punya uang lebih, lebih baik membeli Solid State Drive (SSD). memang harganya mahal, tapi itu wajar karena performanya jauh lebih cepat ketimbang hardisk. Atau bisa juga membeli SSD untuk menyimpan OS, dan HDD untuk data-data lainnya. itu terserah anda sebagai konsumen.

Random Access Memory atau lebih dikenal dengan nama RAM adalah faktor yang penting juga ketika membeli sebuah komputer. harga RAM sangat bervariasi begitu juga dengan merknya. kapasitas RAM mulai dari 2 GB,4 GB,8 GB dan bahkan sudah ada yang mencapai 32 GB. ada isu ketika menginstal RAM lebih dari 4 GB pada OS 32 bit tidak akan terbaca sepenuhnya. untuk itu kita harus menginstal ram dengan OS 64 Bit. Saran dari penuis adalah cari RAM yang sesuai denga speisifkasi kebutuhan gaming. Buka forum-forum luar yang membahas tentang bechmarking RAM. menurut penulis RAM yang bagus adalah RAM yang memiliki Latncy case yang kecil.

Power Supply Unit diibaratkan sebagai jantungnya komputer. Ketika membeli sebuah gaming komputer, tentu saja kita tidak bisa asal-asalan membeli sebuah PSU. Dipasaran banyak sekali vendor yang menawarkan PSU dengan kelebihannya masing-masing. Mulai dari Modular/ non modular, SLI/Crossfire dan sertifikasi 80+. Setiap hardware yang sudah kita sebutkan diatas, kita harus tahu minimum PSU yang dibutuhkan. sebagai contoh penulis ambil VGA. Biasanya VGA zaman sekarang membutuhkan minimal 500 watt atau bahkan lebih tergantung hardware kita masing-masing. Lebih baik beli yang sesuai dengan kebutuhan hardware kita berapa watt. Menurut penulis PSU yang bagus adalah PSU yang memiliki sertifikasi 80+ Gold. karena memiliki efisiensi yang tinggi dibanding 80+ Silver dan dibawahnya. Memang harganya agak mahal tetapi itu worth it.

Untuk tampilan Monitor tentu saja yang ini tidak boleh sembarangan. Monitir zaman sekarang, sudah mengadopsi teknologi Full HD 1080p. dan tentu saja monitor yang Full HD tersebut minimal 21,5 inch keatas. Begitu pun juga dengan koneksi Monitor itu sendiri yang support dengan High Definition Multimedia Interface )HDMI). Konon katanya gambar akan jauh lebih jernih daripada menggunakan D-SUB dan DVI. Spesifikasi Monitor gaming yang baik menurut penulis adalah monitor yang memiliki Fast Response Time yang kecil yaitu 2 ms. Untuk resolusi sepertinya menggunakan Resolusi Full HD adalah sebuah standart baru untuk pengalaman gaming. tidak bosan penulis mengingatkan untuk menyesuaikan budget yang anda punya.
Setelah jeroan untuk PC sudah didaptkan saatnya beralih ke aksesori-aksesoris lainnya seperti ,CPU Cooler,Mouse,keyboard,mousepad, dan joystick gaming. Sebenarnya itu optional tapi kalo ingin dibeli jugaya sekalian tidak apa-apa jika memang budgetnya masih ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar